Jumat, 29 September 2017

ORGANISASI KOMPUTER DASAR

ORGANISASI KOMPUTER DASAR

            Komputer sederhana memiliki lima bagian utama, dimana lima bagian utama tersebut mempunyai fungsi masing-masing, unit-unit tersebut adalah input, memori, aritmatika dan logika, output dan kontrol. Itulah gambaran singkat tentang pengertian komputer selanjutnya masuk kedalam penjelasan organisasi komputer dasar dan arsitertur komputer. "Organisasi komputer" adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.

            Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

            Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional. Berikut adalah blok diagram mengenai organisasi komputer dasar:


            Dalam blok diagram tersebut terlihat bahwa CPU merupakan komponen yang paling penting untuk dihubungkan dengan I/O Ports dan Memori melalui Control Bus, Data Bus, dan Address Bus. Hal itu dikarenakan CPU merupakan pusat pengontrol atau pengendali dari semua informasi di dalam komputer. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing fungsi dalam blok diagram tersebut:

      1.      Input Device (Alat Masukan)
            Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard

      2.      Output Device (Alat Keluaran)
            Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.

      3.      I/O Ports
            Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

      4.      CPU (Central Processing Unit)
          CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

      5.      Memori
          Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

      6.      Bus
           Bus adalah sekelompok kawat atau sebuah jalur fisik yang berfungsi menghubungkan register-register dengan unit-unit fungsional yang berhubungan dengan tiap-tiap modul. Informasi saling bertukar diantara modul melalui bus.

      7.      Data Bus
           Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

      8.      Address Bus
        Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.

      9.       Control Bus
         Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

  
      ·         Struktur Utama Komputer


            Dari struktur utama komputer terdapat struktur fungsi komputer lainnya berikut merupakan diantaranya:

1)      Fungsi Operasi Pemindahan Data. 
      Fungsi operasi pemindahan data ini biasanya terjadi pada operasi komputer komponen keyboard kepada screen atau display, blok diagramnya dapat dilihat dari gambar:

2)      Fungsi Operasi Penyimpanan Data. 
     Operasi penyimpanan data itu merupakan struktur operasi komputer yang melibatkan memory, bisa  dari memori ke memori lain. misalnya Mendownload file dari Internet ke media penyimpanan komputer, Blok diagramnya sebagai berikut:

3)      Fungsi Proses Dari/ke Unit Penyimpanan
   Blok diagram berikut adalah contoh dari updating bank statement.

4)      Fungsi Proses dari Unit Penyimpanan ke I/O
   Blok diagram berikut adalah contoh printing bank ke statement.


Referensi:
o   http://debyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31390/handout4Organisasi+Komputer+Dasar.pdf 
o   http://adiputra17.it.student.pens.ac.id/kelas1smt1/organ_dan_arsitektur_komputer/Buku.pdf
o   http://dwihardjoapriyanto.blogspot.co.id/2016/10/organisasi-komputer-dasar.html
o   http://joelyants.blogspot.co.id/2016/10/organisasi-komputer-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar