BAB
I
ANALISIS
SWOT McDonald’s
A. SEJARAH PERUSAHAAN
McDonald’s Internasional Restoran
ini didirikan oleh Richard & Maurice McDonald’s pada tahun 1937 di sebelah
timur kota Pasadena. Saat itu McDonald’s hanya merupakan restoran Drive In yang
pada waktu itu sedang berkembang pesat trend Drive In. Bangunan restorannya
berbentuk persegi delapan, dengan mengekspose ruangan dapurnya dan tidak
memiliki tempat duduk di bagian dalam restorannya. Kedua bersaudara tersebut
kemudian berniat untuk lebih mengembangkan restoran mereka, yang pada saat itu
sudah cukup sukses dan menguntungkan. Fokus pengembangannya adalah pada
kecepatan pelayanan yang diharapkan akan meningkatkan volume pembelian
konsumen. Konsep utama yang diterapkan adalah kecepatan, harga terjangkau dan
volume. Restoran ini juga telah memiliki logo sendiri yaitu The Golden Arch.
Logo ini dirancang oleh George Dexter yang merupakan seorang perancang
neonsign. Logo ini memiliki warna kuning terang dan berbentuk simple, mudah
diingat dan juga secara tidak langsung mencerminkan huruf “M” dari McDonald’s.
Pada saat itu, terjadi persaingan ketat pada bisnis Drive In dan McDonald’s
bersaudara ini mengalami kesulitan dalam berorganisasi dan menggerakkan yang
dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka. Dan saat itulah mereka
bertemudengan seseorang yang bernama Ray Kroc.
Ray Kroc lah yang membantu
McDonald’s bersaudara untuk mengembangkan usaha tersebut. Jadi tidak benar
jikaselama ini orang menganggap bahwa Ray Kroc lah yang mendirikan McDonald’s
untuk pertama kalinya. Restoran McDonald’s–nya yang pertama bukanlah McDonald’s
yang pertama. Ray Kroc kemudian melakukan pengembangan restoran melalui konsep
fast food.Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc mulai menjual waralaba McDonald’s
dan untuk pertama kalinya perusahaan fast food (siap saji) di San Bernandino,
California menggunakan sistem franchise (waralaba). Sistem waralaba ini muncul
dalam suatubentuk yang mirip dengan yang kita saksikan sekarang, yaitu sebuah
rancanganpermasalahan yang disusun dengan seksama dan didokumentasikan
secaralengkap dengan perjanjian-perjanjian mendetail antara perusahaan dalam
hal ini adalahMcDonald’s dengan perusahaan yang akan berliansi. Jadi selama
tahun 1950-an hingga tahun 1960-an, produk-produk burger McDonald’s yang
merupakan produk-produk fast food, didistribusikan dengan cara penjualan
langsung. Bisnis waralaba McDonald’s ini mulai menyebar ke berbagai daerah
dannegara bagian.
Untuk itu Kroc menerapkan
prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) untuk pembuatan hamburger
dengan spesifikasi yang diduga sangat ketat, yaitu lemak dibawah 19%, berat 1,6
ounce, diameter 3,873 inch, dan onion 0,23 ounce. Selain memperlakukan
pewaralaba secara strategis, Kroc juga memberikan suatu sistem operasi kepada
partner-partner barunya. Sistem inilah yang memberikan kepastian semua produk
yang disajikan adalah sama. Untuk itulah profesionalisme harus diterapkan.
Dalam paradigma yang baru setiap operator danpewaralaba bertindak seperti
seorang manajer pabrik yang harus menerapkan manajemen professional.
Maka pada tahun 1961, Kroc
meluncurkan programpelatihan yang kemudian dinamakan sebagai Hamburger
University di restoran yang baru yaitu di Elk Village, Illinois. Di sana para
pewaralaba dan operator dididik dalam cara-cara ilmiah dalam menjalankan
restoran yang sukses dan dilatih dalam aspek-aspek operasi McDonald’s berupa
mutu, pelayanan, kebersihan dan nilai (Quality, Service, Cleanliness, and
Value). Hingga tahun 1960 Ray Kroc telah membuka 200 restoran di seluruh
Amerika Serikat. Dan pada tahun 1961, Ray Kroc telah membeli saham perusahaan
dari McDonald’s bersaudara dengan hampir senilai US$ 3.000.000,00. Perusahaan
fast food McDonald’s ini terus mengembangkan jaringan waralabanya di lebih dari
60 negara. Dan saat ini McDonald’s Corporation bersamadengan franchise dan
cabang-cabangnya telah berjumlah lebih dari 14.000 restoran.
McDonald’s
melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya atau sekitar 14.000 tamu setiap
menitnya. Tidak diragukan lagi kalau hal ini menjadikan McDonald’s sebagai
organisasi bergerak di bidang makanan yang terbesar di dunia2. McDonald’s
IndonesiaRestoran McDonald’s hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan
negara ke 70 dari McDonald’s seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc
MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master
franchise dariMcDonald’s Corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing. Sampai
sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur McDonald’s Indonesia.
Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H. Bambang
Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia,
Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam masa training tesebut beliau
melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald’s dari yang paling sederhana termasuk
membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya
di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991, restoran McDonald’s di Sarinah
Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crew dan 26 manajer.
Perkembangan McDonald’s Indonesia dalam 10 tahun ini dinilai sangat cepat.
Sampai saat ini restoran McDonald’s Indonesia telah berjumlah 109 restoran
dengan jumlahkaryawan seluruhnya mencapai sekitar 8000 orang yang sebagian
besar lulusan SLTA.
B. VISI DAN MISI
1) Visi Perusahaan:
Visi McDonald’s adalah menjadi
restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia. Untuk mencapai visi ini,
McDonald’s selalu menjamin mutu produk-produknya, memberikan pelayanan yang
memuaskan, menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai
tambah lainnya. Bagi McDonald’s, senyum setiap pelanggan adalah hal terpenting.
2) Misi Perusahaan:
a)
Menjadi
perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitasdi seluruh
dunia.
b)
Menghadirkan
pelayanan dengan sistem operasional yang unggul bagi setiappelanggan kami di
setiap restoran cabang McDonald’s.
c)
Terus
mengalami perkembangan ke arah yang menguntungkan sebagaisebuah brand, serta
terus mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi
lewat inovasi dan teknologi.
C. TUJUAN
PERUSAHAAN
Tujuan
dari McDonald’s baik McDonald’s Internasional maupun McDonald’s Indonesia
adalah :
a) Suatu sistem yang mampu
menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.
b) Brand McDonald’s menyentuh siapa
saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
c) McDonald’s sebagai tempat bekerja
yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia.
d) Restoran dimana setiap pelanggan
tersenyum dan merasa spesial.
e) Makanan yang paling baik di
kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam.
f) Organisasi yang memiliki hubungan
kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan.
g) Brand yang sukses dan memberikan
kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan
D. Corporate Milestone McDonald’s Indonesia
·
22
Februari 1991 McDonald’s pertama kali hadir di Indonesia, restoran berlokasi di
Sarinah Thamrin, Jakarta.
·
1994
McDonald’s Indonesia mendapat sertifikasi halal dari MUI, dan menjadi restoran
halal pertama di Indonesia.
·
1995
Meluncurkan kampanye “I’m Lovin’ It” untuk menyebarkan semangat McDonald’s
kepenjuru negeri.
·
9
September 2003 Membuka restoran McDonald’s dengan fasilitas drive thru pertama.
·
21
Desember 2004 Meluncurkan layanan antar McDelivery Service 14045.
·
Mei
2007 Bersamaan dengan diluncurkannya sistem “Made For You“, McCafe pertama
hadir di Indonesia, berlokasi di McDonald’s Kemang.
·
3
Juni 2009 PT Rekso Nasional Food (RNF) adalah pemegang sah waralaba McDonald’s
Indonesia. RNF merupakan anak perusahaan dari Rekso Group.
·
Desember
2009 Membuka restoran pertama di bawah naungan PT RNF di KeboIwa, Bali,
sekaligusmencetakrekor MURI dengan menampilkan 1008 penari.
·
Desember
2009 Memulai maraton remodeling store, sampai saat ini sudah ada lebih dari 45
restoran yang diperbaharui.
·
November
2010 PT RNF secara resmi menghadirkan Yayasan Ronald McDonald’s® House
Charities (RMHC) di Indonesia.
·
20
Desember 2010 McDonald’s hadir pertama kali di kota Manado, Sulawesi Utara.1
April 2011Secara serempak meluncurkan menu Breakfast McDonald’s.
·
21
Juni 2010 Pembukaan restoran McDonald’s yang ke 100 di Indonesia, berlokasi di
Kelapa Gading, Jakarta, sekaligus mencetak rekor MURI dengan menghadirkan 250
ondel-ondel khas Betawi.
·
14
Febuari 2011 McDonald’s merayakan ulang tahunnya yang ke-20 , sekaligus hadir
kembali di SarinahThamrin dan meluncurkan Ronald McDonald® Care Mobile untuk
membantu meningkatkan kesejahteraan anak Indonesia.
·
Juni
2011 McDonald’s mendapat penghargaan “Indonesia’s Most Admired Company” dari
Frontier untuk kategori fast food.2
·
1
Juni 2011 Restoran McDonald’s ke-111 hadir di Tegal, Jawa Tengah.
E. Analisa SWOT
o Kekuatan (Strength)
·
Adanya
sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya
·
Outlet
perusahaan ditempatkan di wilayah yang
strategis dan mudah di jangkau
·
Adanya pengakuan atas merk
·
Tempat
penjualan yg bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak
o Kelemahan (Weakness)
·
Harga
yg kurang kompetitif
·
Management
of franchises kurang memperhatikan integritas klien
·
Teknik
pemasaran dan periklanan hanya di utamakan pada anak-anak
o Peluang (Opportunity)
·
Melakukan
penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan
·
Mengembangkan
secara terus menerus pangsa pasar terutama
·
Meneruskan
untuk menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan
·
Makanan
yang praktis dan siap saji untuk masyarakat
·
Adanya
minat masyarakat terhadap makanan siap saji
o Ancaman (Threats)
·
Industri
makanan cepat saji merupakan sektor yang sangat kompetitif sehingga persaingan
juga semakin ketat
·
Persamaan
strategi pemasaran dengan perusahaan lain
·
Adanya
tekanan dari beberapa
·
pihak
mengenai makanan cepat saji dengan masalah obesitas
·
Adanya
anacaman dari kompetitor lokal di negara yg berbeda-beda
·
Produk
yg di produksi keunggulannya di bawah kompetitor
F. Alternative
Strategi dari analisis SWOT
o Strategi S-O
McDonalds
bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan minuman ternama untuk minuman
pendamping produk makanan yang dihasilkan sehingga kepuasan konsumen atau
pelanggan meningkat . Dan juga meningkatkan kualitas pelayanan baik dalam hal
kerapihan,kebersihan, kenyamanan, ketepatan dan lainnya terhadap pelanggan yang
datang ke McDonalds sehingga pelanggan merasa dimanjakan oleh pelayanan dari
McDonalds dan minat pelanggan akan makanan siap saji khususnya McDonald
meningkat. Dan McDonalds juga menggunakan sistem delivery order yang mudah
digunakan oleh konsumennya dan makanan cepat saji akan diantar dalam kurun
waktu selambat-lambatnya 30 menit.
o Strategi W-O
McDonalds menggunakan
iklan di semua media dan promo terutama dalam media online, jejaring sosial dan
televisi untuk mempromosikan dan melakukan penjualan online, dan mengincar
seluruh segmentasi pasar baik dari anak-anak hingga dewasa. McDonalds juga
memberikan harga promo seperti paket goceng atau paket hemat panas dan paket
murah lainnya untuk menyaingi perusahaan makanan cepat saji lain dengan cara
memberikan harga yang terjangkau (low cost).
o Strategi S-T
McDonalds
menciptakan suatu diferensiasi dari kompetitornya baik dari segi harga,
kualitas, pelayanan, fasilitas, manajemen, promosi, teknologi dan lainnya agar
tidak tersaingi dan memiliki inovasi dan keunikan tersendiri dimata pelanggan
atau masyarakat. Seperti harga yang lebih terjangkau dengan rasa kualitas
makanan dan minuman yang khas, enak dan nikmat. Lalu seperti menangkap
pelanggan sasaran dengan cara yang unik misalnya dilihat dari sisi segmentasi
pasarnya adalah anak-anak dengan menyediakan Happy Meal yaitu berupa mainan
yang unik sebagai koleksi yang akan memikat anak-anak untuk membeli produk
McDonalds.
o Strategi W-T
McDonalds
meningkatkan menciptakan inovasi baru, kualitas pelayanan, distribusi
kongsinyasi produk dan mempunyai sekaligus juga menciptakan berbagai macam produk
baru, lalu menggunakan iklan di semua media dan promo. McDonalds juga menggunakan
bahan dan peralatan yang lebih baik dan canggih sehingga menghasilkan produk
yang lebih baik. McDonalds juga memiliki harga produk yang terjangkau dan
memiliki tempat penjualan yang strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat.
McDonalds juga memiliki banyak cabang yang tersebar di Indonesia dan McDonalds
yang berada diluar mall ataupun ruko yaitu outlet McDonalds yang berdiri
sendiri selalu buka 24 jam dengan sistem delivery order yang mudah digunakan
konsumen dan juga sistem Drive-Thru untuk pelanggan yang ingin membeli produk
McDonalds sambil menggunakan kendaraan.
BAB
II
Ruang
Lingkup Bauran Pemasaran
A. Bauran Pemasaran
Dalam komunikasi pemasaran
diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran
pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi,
dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan
pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal
tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan
price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence. Saya
kurang paham siapa yang duluan menegemukakan konsep 7P ni, tapi yang jelas,
sangat berguna bagi penerapan konsep ini dalam komunikasi pemasaran.
Dalam komunikasi pemasaran ada
beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran
terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion
mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih
spesifik. Dan ada pula strategi-strategi komunikasi pemasaran tertentu, seperti
strategi segmenting, targeting, pricing,dan positioning, dalam bauran
pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya.
Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang
menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi
komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion,
people, process, dan physical evidence.
1.
Product (The Services)
Produk jasa merupakan produk yang
dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan
tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang
ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang
didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
2.
Price
Penetapan harga merupakan suatu
hal penting . Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan
karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya.
Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan
pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
3.
Place
Tempat atau lokasi yang strategis
akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh
konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat
menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi
dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan
membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung.
Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target
konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan.
4.
Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas
dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian
penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik
tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung
maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi
antara lain :
o Mengidentifikasi dan menarik konsumen
baru
o Mengkomunikasikan produk baru
o Meningkatkan jumlah konsumen
untuk produk yang telah dikenal secara luas
o Menginformasikan kepada konsumen
tentang peningkatan kualitas produk
o Mengajak konsumen untuk
mendatangi tempat penjualan produk
o Memotivasi konsumen agar memilih
atau membeli suatu produk.
5.
People
People
merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan
karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan
berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
(pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal
perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam
people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment
of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.
Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan
tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian
pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
6.
Process
Process,
mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada
konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu
sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh
operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang
terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap
perusahaan tempatnya bekerja.
7.
Physical Evidence
Building
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter .
Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system,
dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi
mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan
ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan
nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa
dengan kelas market khusus.
B. Manfaat
Pentingnya Mengetahui Bauran Pemasaran
Di dalam Bauran Pemasaran atau
yang disebut juga Marketing Mix tidak
hanya membahas pemasaran atau penjualan saja, akan tetapi juga menyangkut
seluruh proses dari pembuatan promosi sampai dengan penjualan. Disini
dijelaskan bagaimana cara mendesain produk agar bisa menarik pelanggaasn,
bagaimana cara menentukan harga, letak atau posisi dimana produk akan
dipasarkan dan promosi apa yang dipilih agar konsumen menjadi tertarik.
Sehingga para pengusaha tersebut akan mendapatkan berbagai manfaat dari
mempelajari Bauran Pemasaran (Marketing Mix) ini, manfaatnya adalah:
1. Dapat menentukan akan membuat
produk apa.
2. Dapat menetukan harga yang sesuai
.
3. Bisa menganalisis dimana akan
menempatkan atau menjual produk.
4. Memilih segmen mana yang cocok
dengan produknya.
5. Iklan apa yang sesuai.
6. Memilih media iklan yang sesuai.
7. Meningkatkan kreatifitas dalam
berinovasi.
8. Menghadapi persaingan.
Dari
berbagai manfaat itu bisa disimpulkan bahwa peran dari Marketing Mix di dalam
dunia usaha sangatlah vital, sehingga sebagai seorang pengusaha harus
benar-benar bisa menerapkanya di dalam menghadapi dunia kewirausahaan yang
semakin berkembang. Lalu tujuan utama dari sistem pemasaaran adalah untuk
mamenuhi dan memuaskan kebutuhan para konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan
hidupnya.
Berikut adalah analisa SWOT McDonald's yang saya lakukan dulu ketika kuliah dimalang semoga bermanfaat untuk para pembaca.
bagus sekali :)
BalasHapusini ambil dari website nya apa yaa
BalasHapus